Humas AKS Sutha—Tidak terasa, program kerja Himpunan Mahasiswa Program Studi (HMPS) Akuntansi Syariah berupa kegiatan NERACA sudah memasuki series 11. Kegiatan di bawah naungan Devisi Pendidikan dan Kajian Ilmiah ini bertujuan untuk memberikan pengetahuan terutama kepada mahasiswa Akuntansi Syariah mengenai akuntansi. Seperti yang dikatakan oleh Sekretaris Program Studi Akuntansi Syariah, yaitu Bapak Erwin Saputra Siregar, S.E.I,. M.E ketika membuka kegiatan NERACA Series 11. Tak bosan-bosannya beliau menyampaikan bahwa NERACA ini dilakukan bukan hanya sebagai formalitas saja, namun benar-benar bertujuan untuk memberi pemahaman mengenai akuntansi agar para mahasiswa tidak hanya titelnya saja yang mahasiswa akuntansi.

Meski dilakukan di malam hari secara virtual, NERACA Series 11 tetap disambut antusias terutama oleh para mahasiswa. Jumlah peserta yang mengikuti kegiatan ini mencapai angka 128 peserta dan didominasi oleh mahasiswa Akuntansi Syariah. Dilaksanakan pada Rabu, 30 November 2022, kegiatan berlangsung dengan lancar.

Tema yang diangkat kali ini sedikit berbeda dengan NERACA Series terdahulu, yaitu “AKUNTANSI PERUSAHAAN MANUFAKTUR”. Materi akuntansi yang lebih kompleks dari akuntansi perusahaan dagang dan jasa ini dijelaskan langsung oleh Ibu Marissa Putriana, S.E., M.Si., Ak. Pemateri merupakan salah satu dosen di Program Studi Akuntansi Syariah yang tentu saja sudah begitu mumpuni dan menguasai tema.

Materi yang disampaikan mencakup mengenai apa itu akuntansi perusahaan manufaktur, perbedaan akuntansi perusahaan manufaktur dengan akuntansi perusahaan dagang, dan detail metode pencatatan pada akuntansi perusahaan manufaktur hingga pada contoh analisis transaksi. Para peserta pun sepertinya sudah menguasai sebagian materi, karena dengan aktif dapat menjawab pertanyaan-pertanyaan ringan yang disampaikan pemateri.

Ibu Marissa selaku pemateri berharap agar NERACA dapat terus terselenggara meskipun nantinya telah terjadi pergantian kepengurusan HMPS. Semoga NERACA-NERACA yang telah dilaksanakan oleh HMPS Akuntansi Syariah dapat bermanfaat bagi para peserta yang telah mengikuti perjalanan NERACA hingga menuju NERACA Series-Series selanjutnya.

Humas AKS

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Akutansi SyariahAlamat
Jl. Jambi-Muara Bulian KM. 16, Simp. Sei Duren, Jambi Luar kota, Muaro Jambi, Jambi 36361.
Lokasi KamiMaps

Sosial MediaKunjungi Sosial Media Kami
AVANTAGEHeadquarters
Organically grow the holistic world view of disruptive innovation via empowerment.
OUR LOCATIONSWhere to find us?
GET IN TOUCHAvantage Social links
Taking seamless key performance indicators offline to maximise the long tail.

2022 – Pusat Teknologi Informasi dan Pangkalan Data UIN Sulthan Thaha Saifuddin Jambi

2022 – Pusat Teknologi Informasi dan Pangkalan Data UIN Sulthan Thaha Saifuddin Jambi