Himpunan Mahasiswa Program Studi Akuntansi Syariah Menyelenggarakan Sharia Accounting Competition (SAC) Tahun 2022

December 11, 2022by Humas AKS0

Humas AKS Sutha—Sharia Accounting Competition (SAC) yaitu sebuah rangkaian acara lomba antar kelas yang ada di Program Studi Akuntansi Syariah yang terdiri dari beberapa lomba yaitu : Futsal, Badminton, Vocal Solo dan Duta Akuntansi Syariah. Kegiatan ini diselenggarakan langsung oleh HMPS Akuntansi Syariah yang diketuai oleh Hamdani Akbar dan Vigo Iwanda Pratama sebagai Ketua Panitia Pelaksana kegiatan tersebut.

“Kegiatan ini berlangsung selama 2 hari tepatnya pada tanggal 26-27 November 2022” ujar Hamdani Akbar selaku Ketua HMPS Akuntansi Syariah. “Kegiatan ini didesain khusus untuk mempererat tali silaturahmi Mahasiswa Akuntansi Syariah yang Insya Allah akan adakan rutin setiap tahunnya, dan juga lomba ini diikuti oleh seluruh Mahasiswa Akuntansi Syariah serta Alumni juga turut mengikuti perlombaan yang ada” ujarnya.

Pada hari pertama lomba Futsal berlangsung dan dibuka langsung oleh Program Studi Akuntansi Syariah, Lomba Futsal ini diikuti lebih dari 15 Tim yang berasal dari perwakilan kelas Akuntansi Syariah. Dilanjutkan dengan lomba Vocal Solo yang berlangsung secara online, lomba ini diikuti semua kelas Akuntansi Syariah yang mengirimkan 1 Delegasi setiap kelasnya.

Pada hari kedua lomba Badminton diadakan dengan kategori single putra maupun putri yang diikuti semua kelas, sedikit berbeda dengan lomba Vocal Solo lomba ini dibolehkan untuk setiap kelas boleh mengirimkan lebih dari 1 delegasi putra maupun putri.

Sedangkan lomba Duta Akuntansi Syariah jauh sebelum ketiga perlombaan tersebut dilaksanakan lomba ini sudah dilaksanakan karena melalui beberapa tahap seleksi seperti tes tertulis dan penampilan, untuk beberapa duta yang sudah lolos dari beberapa tahap tersebut lalu masuk ke babak yang terakhir yaitu babak final yang di adakan di tanggal 29 November 2022 sekaligus dalam kegiatan “WORKSHOP SMART PLS 4 & SPSS” yang diselenggarakan oleh HMPS Akuntansi Syariah. Di dalam kegiatan tersebut juga sekaligus pembagian hadiah untuk para pemenang perlombaan.

Terkait kegiatan SAC yang dilaksanakan Ketua Program Studi Akuntansi Syariah Mellya Embun Baining, S.E., M.E.I memberikan pandangan, “Saya sangat mengapresiasi dilaksanakannya kegiatan SAC 2022 ini. Kegiatan ini bertujuan bukan hanya untuk pengembangan minat dan bakat mahasiswa prodi Akuntansi Syariah dalam bidang Akademik dan Non Akademik namun sebagai agenda tahunan yang dirancang khusus oleh HMPS setelah kurang lebih 2 tahun kegiatan tahunan ini tertunda karena covid 19, kegiatan selama kurun waktu 2 tahun tersebut hanya dilaksanakan secara online dengan melakukan webinar dan lomba2 secara online. Kegiatan SAC 2022 tentunya menambah energi dan semangat baru bagi semua mahasiswa Prodi Akuntansi Syariah dimana mereka dapat bersilahturahmi dan saling mengenal satu sama lain. Yang menarik dari kegiatan ini adalah adanya pemilihan Duta Putra dan Putri Akuntansi Syariah dimana semua mahasiswa prodi Akuntansi Syariah mempunyai kesempatan untuk mengasah kemampuan bidang Akutansi Syariah melalui seleksi yang ketat dan pada saat seleksi final langsung diuji dan ditentukan pemenangnya oleh narasumber pada kegiatan workshop olah data yaitu Bapak Dr. Achmad Hizazi, S.E., M.Com., CA dosen tetap Prodi Akuntansi FEB Universitas Jambi. Harapan ke depannya semoga kegiatan ini akan tetap konsisten dijalankan oleh penerus HMPS Akuntansi Syariah nantinya sehingga ajang ini bisa diikuti bukan hanya untuk internal saja namun dapat dilaksanakan dalam ajang nasional bahkan internasional untuk menuju Program Studi Akuntansi Syariah yang unggul dan kompeten,” ujar beliau.

Sekretaris Program Studi Akuntansi Syariah Erwin Saputra Siregar, S. E.I., M.E pun memberikan pendapat pada kegiatan ini, “Kegiatan SAC ini sangat baik untuk dilakukan setiap selesai semester. Tujuannya, Pertama agar terjalin silaturrahim yang baik antar Mahasiswa Akuntansi Syariah, Kedua untuk sekalian menyeleksi Mahasiswa Akuntansi Syariah yang berprestasi di bidang Akademik maupun Non Akademik untuk kemudian diajukan ke Fakultas tentang Pembinaannya. Selain itu juga SAC ini menunjukkan eksistensi Program Studi Akuntansi Syariah FEBI UIN SUTHA Jambi,” ujar beliau.

Adapun di bawah adalah nama-nama para pemenang lomba:

Lomba Futsal

No. Juara Nama Peserta/Perwakilan Kelas
1 Juara I Akuntansi Syariah / 7B
2 Juara II Alumni Angkatan / 2017
3 Juara III Akuntansi Syariah / 3D

Badminton Putra

No. Juara Nama Peserta/Perwakilan Kelas
1 Juara I M. Aplarizi / 3D
2 Juara II M Azharudin Nur Almaris / 3B

Badminton Putri

No. Juara Nama Peserta/Perwakilan Kelas
1 Juara I Saydatun Nisya / 3C
2 Juara II Meliyani Rusmiyanti / 5A

Vocal Solo

No. Juara Nama Peserta/Perwakilan Kelas
1 Juara I Sri Harmini / 1A
2 Juara II Nindy Elvionora Dixsy / 3D
3 Juara III M. Azharudin Nur Almaris / 3B

Duta Putra Akuntansi Syariah

No. Juara Nama Peserta/Perwakilan Kelas
1 Juara I Ilham Wisnu Herlambang / 1A
2 Juara II Argianov Ramadhan / 5C
3 Juara III Ahmad Infithar / 3B


Duta Putri Akuntansi Syariah

No. Juara Nama Peserta/Perwakilan Kelas
1 Juara I Salsa Vonni Indrayani / 5A
2 Juara II Herlina Pitriyani / 3B
3 Juara III Putri Andin Wahyudyah / 3C

Humas AKS

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Akutansi SyariahAlamat
Jl. Jambi-Muara Bulian KM. 16, Simp. Sei Duren, Jambi Luar kota, Muaro Jambi, Jambi 36361.
Lokasi KamiMaps

Sosial MediaKunjungi Sosial Media Kami
AVANTAGEHeadquarters
Organically grow the holistic world view of disruptive innovation via empowerment.
OUR LOCATIONSWhere to find us?
GET IN TOUCHAvantage Social links
Taking seamless key performance indicators offline to maximise the long tail.

2022 – Pusat Teknologi Informasi dan Pangkalan Data UIN Sulthan Thaha Saifuddin Jambi

2022 – Pusat Teknologi Informasi dan Pangkalan Data UIN Sulthan Thaha Saifuddin Jambi